Rabu, 06 Agustus 2008

implikasi keperawatan


BAB IV
IMPLIKASI KEPERAWATAN


Selama dua hari penulis melakukan Asuhan Keperawatan pada Ny. S dengan diagnosa medis post operasi laparatomi hari ke-6 dengan indikasi obstruksi usus. Penulis menemukan beberapa masalah yang sebaiknya harus diatasi oleh perawat, yaitu :
1. Mengingat pentingnya peran perawat dalam rangka mencapai kesembuhan pasien yang mana diberikan melalui asuhan keperawatan, maka hendaknya perawat meningkatkan pengetahuan, meningkatkan kerjasama antar sesama tim kesehatan dan meningkatkan loyalitas terhadap pasien agar tidak terjadi kesalahan persepsi dan hubungan terapeutik antara perawat dengan tim kesehatan lain dan perawat dengan pasien dapat terbina hubungan baik sehingga asuhan keperawatan yang diberikan oleh perawat kepada pasien dapat terlaksana dengan baik.
2. Pada masalah infeksi sebaiknya perawat atau tim kesehatan lain memperhatikan lagi prinsip kesterilan dalam merawat luka sehingga tidak sampai terjadi infeksi berlanjut karena hal ini dapat membahayakan diri pasien dan kepada keluarga atau pasien hendaknya dapat menjaga kebersihan luka.
3.
38Pada masalah nyeri, sebaiknya perawat tidak hanya terpancang pada pemberian obat analgetik tetapi perawat dapat memberikan alternatif untuk mengatasi keluhan nyeri seperti mengajarkan teknik relaksasi (misalnya teknik tarik nafas dalam) atau teknik distraksi (misalnya membaca koran atau majalah).
4. Pada masalah nutrisi sebaiknya perawat atau tim kesehatan lain lebih menjaga kebersihan kamar pasien karena lingkungan yang bersih dapat meningkatkan selera makan pasien, dan juga dalam pemeriksaan laboratorium yaitu pada hemoglobin dan albumin perlu diperhatikan, karena sangat mempengaruhi perkembangan pasien.
5. Pada masalah defisit perawatan diri sebaiknya perawat lebih memotivasi pasien untuk melakukan aktivitas tanpa bantuan dalam pemenuhan ADL sesuai toleransi karena hal ini dapat merangsang sirkulasi dan normalisasi fungsi organ serta meningkatkan kemandirian pasien.

Tidak ada komentar: